English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Rabu, 02 Maret 2011

Unlimited Terbatas

Beberapa waktu terakhir sering kali saya mendengar kata unlimited terutama dari beberapa operator telekomunikasi khususnya yang berbasis GSM. Operator-operator itu sibuk saling 'menjatuhkan' dengan berbagai promo yang mereka tawarkan agar para penggunanya bisa loyal dan berharap pengguna operator lain bisa pindah ke lain hati.

Selain bersaing dalam masalah kemurahan layanan suara maupun teks, para operator ini juga bersaing dalam hal layanan data bahkan masing-masing berani berkata memberikan paket data unlimited bagi pada penggunanya. Namun benarkah layanan data itu unlimited seperti promo tersebut?

Layanan data unlimited yang ditawarkan para operator telekomunikasi itu seandainya tidak diteliti secara seksama maka kita akan merasa dibohongi karena pada layanan data unlimited tersebut ternyata terselip sebuah tanda bintang (*) yang dibawah promo tersebut dijelaskan bahwa syarat dan ketentuan berlaku.

Syarat dan ketentuan berlaku inilah yang akhirnya bagi sebagian orang akan mengecewakan (termasuk saya yang akhirnya pindah ke layanan CDMA sebelum akhirnya pindah lagi ke layanan Speedy). Ternyata pada syarat dan ketentuan itu tertulis bahwa kalau kita beli paket ini maka akan mendapat kecepatan sepersekian detik dan diberikan qouta sebesar Mb/Gb. Dari kata "qouta" saja saya sudah merasa ini semacam dibatasi, itu belum lagi ketika saya membaca kalimat-kalimat selanjutnya yang berbunyi, kalau qouta habis ketika masih dalam masa aktif maka kecepatan layanan akan diturunkan sepersekian detik.

Hal itu masih belum seberapa ternyata ada juga operator yang membatasi unlimitednya dalam batasan waktu misal dari jam ini sampai jam ini maka kecepatan akan sepersekian detik namun ketika lewat jam yang ditentukan maka kecepatan akan anjlok ke level paling bawah.

Kalau hal-hal semacam itu terus dilanjutkan dengan mengatakan bahwa ini layanan data unlimited, itu sama saja bagi saya adalah sebuah kebohongan terselubung karena bagimanapun yang namanya unlimited adalah sesuatu yang tidak dibatasi. Kalaupun ingin jadi unlimited lebih baik bilang saja dari awal, misal Layatan Data Unlimited Terbatas.

Dengan adanya tambahan kata 'terbatas' tentu para konsumen akan mengetahui lebih awal bahwa ini adalah layanan data unlimited yang berbatas jadi mereka tidak akan protes atau bisa juga menggunakan kata 'semi unlimited'.

Jadi pastikan sebelum anda benar-benar membeli layanan data unlimited tersebut pastikan anda sudah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

Artikel Terkait



1 komentar:

Semuanya rata-rata unlimeted terbatas bro... Speedy juga kan bagitu? Contohnya paket unlimeted seharga 195 rb... Setalah mencapai 3 gb kecepatan yang kita dapatkan akan diturunkan, jadi ngga benar-benar unlimeted...

Posting Komentar

Silakan tuliskan komentar anda,

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More