English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Senin, 28 Februari 2011

Manfaat TIK dalam Berbagai Bidang

Kemajuan TIK di era sekarang sangat membantu dalam memudahkan aktifitas sehari-hari bahkan dengan TIK kita bisa mengetahui berbagai informasi dari seluruh dunia dan akhir-akhir ini malah TIK dimanfaatkan sebagai sarana untuk melakukan mobilisasi demonstrasi yang pada akhirnya bisa menumbangkan beberapa rezim yang telah lama berkuasa.


TIK sendiri sepengetahuan saya sangat bermanfaat dalam 3 bidang yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Bisnis dan Bidang Pendidikan. Baiklah kita akan mencoba menelaah manfaat TIK terhadap ketiga bidang tersebut berdasarkan pengalaman saya :

  • TIK dalam Bidang Pemerintahan

TIK dalam bidang ini sangat membantu terutama media komunikasi yang digunakannya yaitu situs-situs resmi pemerintah. Dengan adanya situs-situs itu masyarakat bisa dengan mudah untuk mengetahui berbagai informasi yang diinginkan semisal penerimaan CPNS, Peraturan Pemerintah atau juga hanya sekedar ingin membaca kinerja pemerintahan.

  • TIK dalam Bidang Bisnis

Nah, ini salah satu manfaat TIK yang bisa saya rasakan hingga hari ini, TIK dalam bidang bisnis. Dengan adanya TIK maka kita dengan mudah bisa menjadi seorang pengusaha tanpa harus mengeluarkan budget yang besar untuk sekedar beli toko, sewa toko atau bayar pajak toko hingga menggaji tukang parkir. Dengan adanya bisnis online ini, para pembeli juga tidak perlu repot-repot mengantri dan hanya menunggu di rumah sampai barang yang diinginkan terkirim sampai di rumah. Biasanya barang akan sampai terkirim dalam jangka waktu 3-5 hari (tergantung dimana posisi pembeli).

  • TIK dalam Bidang Pendidikan

Kalau ini dalam bidang ini, TIK sangat berperan besar dalam kemajuan pembelajaran terutama media pembelajaran. Kalau dulu hanya menggunakan papan tulis dan kapur tulis sekarang guru bisa menggunakan Komputer, LCD projektor hingga DVD/CD interaktif. Selain berguna untuk guru, dengan adanya TIK, siswa juga bisa mengunduh berbagai buku mata pelajaran yang telah dianggap layak oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), buku-buku tersebut dinamakan Buku Elektronik.

Itu beberapa manfaat TIK menurut saya, bagaimana menurut anda?

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tuliskan komentar anda,

Berbagi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More